Unit Usaha Potensial BUMDes: Pengemasan Air Minum

0

Air minum adalah salah satu hal yang dibutuhkan setiap hari sehingga sangat strategis jika dijadikan pilihan usaha yang akan dikelola BUMDes nantinya. Bila BUMDes bergairah, akan terjadi perputaran uang yang pada akhirnya akan meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes).

Analisis SWOT

Kekuatan (Strength) Kelemahan (Weakness) Kesempatan (Opportunities) Tantangan (Threats)
-Desa Karanggedang memiliki sumber daya air yang bagus -Diperlukan modal yang cukup besar untuk mendirikan unit usaha AMDK -Merebut konsumen mudah karena belum ada pesaing di lingkup desa lain. -Terancamnya sumber daya air akibat penebangan hutan

Proses Pendirian Unit Usaha AMDK (Air Minum Dalam Kemasan)

Strategi penjualan yang baik adalah berusaha menguasai terlebih dahulu cakupan pasar ke desa tetangga seperti desa Kemranggen dan desa Cepedak karena desa tersebut belum memiliki AMDK. Pemerintah Desa dapat memberikan subsidi terlebih dahulu pada masa awal penjualan untuk menarik minat calon pembeli. Pemerintah desa juga dapat mendorong penjualan AMDK desa dengan menggunakan AMDK pada setiap kegiatan rapat.

Jika volume penjualan air minum terus tinggi maka unit usaha dapat mencapai skala ekonomi, yaitu ketika terjadi kenaikan volume produksi AMDK akan terjadi penurunan biaya input rata-rata.

Proses Produksi

Jika sumber mata air sudah jernih, maka tidak lagi memerlukan penyaringan Reverse Osmosis, namun hanya perlu dilakukan filtrasi untuk menghilangkan bakteri dan  menstabilkan keasamaan air.

Produk Final

Kemasan Botol Kemasan Galon Kemasan Gelas
 
Share.

About Author

Leave A Reply